Berita

Kementerian PUPR RI: Bendungan Margatiga Kabupaten Lampung Timur Ditargetkan Selesai Akhir 2021

Selasa, 26 Januari 2021 - 15:04
Kementerian PUPR RI: Bendungan Margatiga Kabupaten Lampung Timur Ditargetkan Selesai Akhir 2021 Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau pekerjaan Bendungan Margatiga, Senin (25/1/20211) (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES PURBALINGGA, LAMPUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) terus meningkatkan jumlah tampungan air untuk mendukung program ketahanan pangan dan air nasional. Pembangunan bendungan dilakukan di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. 

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Bendungan Margatiga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan irigasi dari aliran Sungai Way Sekampung, sehingga terintegrasi dengan Bendungan Way Sekampung. 

"Apabila diambil dari Bendungan Batutegi cukup jauh, sehingga kami buat dua bendungan, yakni Bendungan Margatiga dan satu lagi Bendungan Way Sekampung agar lebih mudah dan terintegrasi," kata Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau pekerjaan Bendungan Margatiga, Senin (25/1/20211).

Menurut Menteri Basuki, progres pembangunan Bendungan Margatiga saat ini sudah mencapai 56%, dan ditargetkan selesai akhir tahun 2021. Bendungan dengan kapasitas tampung 147,94 juta m3 di hilir Sungai Way Sekampung ini diproyeksikan akan mengairi lahan irigasi seluas 16.588 Hektar (Ha). Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku di Lampung Timur sebesar 0,83 m3/detik.

Kementrian PUPR RI

Ilustrasi pembangunan Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
 

Bendungan Margatiga merupakan tipe urugan dengan tinggi mencapai 28,75 meter, panjang puncak 321,76 meter, dan lebar puncak 7 meter. Bendungan ini memiliki luas genangan 2.137 Ha. 

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Abdul Muis mengatakan, konstruksi bendungan Margatiga dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya-Adhi, KSO dengan nilai kontrak Rp 838 miliar. Sementara untuk pekerjaan supervisi dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero)- PT Wiratman (KSO).

Bendungan Margatiga

Selain Bendungan Margatiga, BBWS  Mesuji Sekampung, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan Bendungan Way Sekampung dengan progres saat ini mencapai 80,75 % dan ditargetkan selesai Juli 2021. 

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta m3 yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi sebesar 55,373 Ha dan air irigasi untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 Ha. Diharapkan, tambahan irigasi Bendungan Way Sekampung akan meningkatkan intensitas tanam menjadi 200% pada pola tanam padi-padi-palawija. 

Manfaat lain Bendungan Way Sekampung adalah sebagai penyedia air baku sebesar 2.482 liter/detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti, Kota Metro. Kemudian mereduksi banjir sebesar 185 m3/detik dan berpotensi  sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 5,4 MW.

Bendungan Margatiga lampung

Pengerjaan Bendungan Way Sekampung terbagi menjadi 4 paket yaitu, Paket 1 dikerjakan oleh PT PP (Persero)-Ashfri (KSO) dengan nilai kontrak Rp 923 miliar, Paket 2 dikerjakan Waskita (Persero)-Adhi Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp 863,8 miliar. Sedangkan untuk Paket 3 dikerjakan PT PP-Ashfira dengan nilai kontrak Rp 152,8 miliar dan Paket 4 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk senilai  Rp 135 miliar. 

Turut mendampingi Menteri Basuki dalam kunjungan ke Bendungan Margatiga tersebut, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan PUPR Endra S. Atmawidjaja, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman, Dirut Waskita Karya Destiawan Soewardjono, Direktur Bendungan dan Danau Airlangga Mardjono dan Kepala BBWS Mesuji Sekampung Abdul Muis. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purbalingga just now

Welcome to TIMES Purbalingga

TIMES Purbalingga is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.