https://purbalingga.times.co.id/
Berita

Tinjau Persiapan Infrastruktur, Presiden RI Jokowi: Bali Siap Menyambut KTT G20

Jumat, 07 Oktober 2022 - 12:12
Tinjau Persiapan Infrastruktur, Presiden RI Jokowi: Bali Siap Menyambut KTT G20 Menteri PUPR RI  Basuki Hadimuljono dampingi Presiden RI Jokowi meninjau pelaksanaan peningkatan infrastruktur jelang KTT G20 di Provinsi Bali, Kamis (6/10/2022). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES PURBALINGGA, DENPASAR – Menjelang Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) November mendatang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden RI Jokowi untuk meninjau pelaksanaan peningkatan infrastruktur di Provinsi Bali, Kamis (6/10/2022).

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Presiden RI Jokowi melihat langsung progres pembangunan Penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

“Saya melihat semuanya hampir sudah siap, Alhamdulillah. Dan kita harapkan nanti di pelaksanaaan KTT G20 juga berlangsung dengan baik dan lancar,” jelas Presiden RI Jokowi.

Kementerian PUPR RI melakukan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua. Nantinya kawasan ini akan digunakan sebagai showcase mangrove bagi para pimpinan negara dan delegasi yang hadir.

“Tadi masuk disini betul-betul surprise bahwa sudah disiapkan, sudah dirubah. Menurut saya tempat ini yang paling menjadi titik utama terutama dalam hal concern kita terhadap lingkungan, terhadap penghutanan kembali,  baik itu mangrove maupun tropical rainforest sehingga para pemimpin negara yang kita undang kesini bisa melihat secara langsung,” ungkap Presiden RI Jokowi.

Adapun progres fisik penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai ini telah mencapai 84%.

“Tinggal mempercepat penyelesaian pekerjaan di area persemaian mangrove, nanti ditambahkan tenaga kerja dari masyarakat sekitar melalui program padat karya tunai,” ujar Menteri Basuki.

Menteri-PUPR.jpgMenteri PUPR RI  Basuki Hadimuljono saat meninjau pelaksanaan sejumlah peningkatan infrastruktur jelang KTT G20 di Provinsi Bali, Kamis (6/10/2022). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Di samping pekerjaan area persemaian mangrove, lingkup pekerjaan lainnya meliputi pembangunan gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan, jalur tracking mangrove, area penerima (lobby, ticketing, kantor penerima), menara pandang, viewing deck ke arah Teluk Benoa, area parkir di sekitar Waduk Muara, dan penataan Kawasan Parkir Kepala Negara di lahan seluas 2,6 ha.

Dilakukan juga peningkatan infrastruktur di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang lingkup pekerjaannya meliputi penataan dan renovasi Tirta Amertha, penataan entrance gate 3, pelandaian ramp menuju Festival Park, parkir VVIP, akses baru Jalan Indraloka, jalan Lingkar Timur, jalan Lingkar Barat, serta jalan akses menuju Parkir A GWK.

“Pekerjaan tinggal finishing saluran dan pengaspalan dan ditargetkan usai akhir Oktober,” tandas Menteri Basuki.

Dukungan infrastruktur lainnya meliputi peningkatan jalan Sp. Siligita – Kempinski dan showcase mangrove sepanjang 6,5 km, yang hingga saat ini progres fisiknya telah mencapai 95%. Untuk meningkatkan kualitas dan estetika, pekerjaan preservasi jalan dan jembatan disertai dengan beautifikasi atau penghijauan.

Turut hadir mendampingi Presiden RI Jokowi yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Gubernur Bali I Wayan Koster, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, dan Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purbalingga just now

Welcome to TIMES Purbalingga

TIMES Purbalingga is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.