Berita

Kemenparekraf RI Siap Angkat Pariwisata di Kabupaten Muna dan Kabupaten Sinjai

Senin, 25 Januari 2021 - 20:19
Kemenparekraf RI Siap Angkat Pariwisata di Kabupaten Muna dan Kabupaten Sinjai Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) saat diskusi dengan Bupati Muna LM Rusman Emba dan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (25/1/2021). (foto: Kemenparekraf RI)

TIMES PURBALINGGA, JAKARTAKemenparekraf RI (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menggali potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan agar masyarakat setempat mampu bangkit kembali pascapandemi Covid-19.

Menparekraf Sandiaga Uno saat diskusi dengan Bupati Muna LM Rusman Emba dan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (25/1/2021) menyambut baik kolaborasi untuk bersama-sama menggarap potensi wisata yang ada di kedua daerah tersebut. Ini karena pariwisata diyakini dapat membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

"Potensi pariwisata sangat menjanjikan, dengan beberapa inovasi destinasi ditunjang peluang ekonomi kreatif di kedua daerah tersebut. Apalagi pariwisata juga berpotensi besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan didukung anak-anak muda, generasi milenial yang sudah bergerak menciptakan peluang-peluang usaha wisata di sana,” ujarnya.

Kemenparekraf RI

Meski begitu Sandiaga menjelaskan pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi saat ini perlu pengawasan yang sangat ketat terutama dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di destinasi-destinasi wisata sehingga sektor parekraf dapat kembali bangkit.

"Kunci kita untuk bisa mengatasi Covid-19 adalah pertama patuh dulu kepada protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Yang kedua testing, tracing, dan isolasi mandiri. Sehingga kunci kebangkitan sektor parekraf terletak pada aspek kesehatannya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa menjelaskan letak geografis Sinjai dengan kontur wilayah lautan dan perbukitan menjadikan potensi pariwisatanya besar dan unik. Hal ini bisa menjadi potensi investasi tersendiri bagi penanam modal.

Kemenparekraf RI a

“Kami mengajak masyarakat berkunjung ke Sinjai untuk menikmati keindahan gunung, pantai, dan pulau. Juga wisata mangrove yang memiliki panjang 13 kilometer yang dapat dikunjungi dari pagi sampai malam, kalau mau melihat keindahan alam datanglah ke Sinjai,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Muna Rusman Emba mengatakan, daerahnya memiliki banyak potensi wisata yang siap menjadi primadona bagi wisatawan yang datang, diantaranya berupa wisata budaya (Bheta Wuna, Kaghati Kolope, Kogira Athara), wisata sejarah (Liang Kabori, Masigi Wuna), serta beberapa wisata di wilayah pesisir atau bahari/pantai.

Kemenparekraf RI b

“Dalam kondisi pandemi saat ini, saya harap ini bisa menjadi momentum untuk kebangkitan pariwisata dan tentunya dengan pengembangan destinasi wisata ini masyarakat dapat merasakan dampaknya sehingga bisa sejahtera dan bahagia,” katanya. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purbalingga just now

Welcome to TIMES Purbalingga

TIMES Purbalingga is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.