Berita

Ini Dia Asal Usul Nama Koesno Menjadi Soekarno

Selasa, 22 Juni 2021 - 17:38
Begini Asal Usul Nama Koesno Menjadi Soekarno Ir. Soekarno, Presiden RI Pertama (Foto: Wikipedia)

TIMES PURBALINGGA, JOMBANG – Siapa yang tidak kenal nama Bung Karno di seluruh antero negeri Indonesia ini? Nama Presiden RI pertama itu begitu melekat di benak masyarakat. Atas jasa dan perjuangan Soekarno lah, negeri ini bisa merdeka.

Maka tak heran jika bulan Juni disebut sebagai bulan Bung Karno. Ini bukan tanpa alasan, sebab pada 1 Juni Hari Lahir Pancasila dan Bung Karno merupakan salah satu penggagasnya dan pada bulan ini juga Bung Karno lahir dan wafat.

Tak ada habisnya jika membahas mengenai riwayat Bung Karno semasa hidupnya. Salah satunya kiprah jejak Bung Karno di Kabupaten Jombang.

Diketahui, Bung Karno kecil pernah hidup dan tinggal di Kabupaten Jombang tepatnya di Dusun Gang Buntu, Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang.

Hal tersebut dikuatkan dengan ditemukannya bekas rumah yang diyakini pernah menjadi tempat tinggal Bung Karno semasa kecil kelak.

Sang Prokamator RI ini pernah tinggal di Jombang saat mengikuti Raden Soekeni Sosrodihardjo sekitar Desember 1901, saat ayahanda tersebut menjabat sebagai Mentri Sekolah (Kepala Sekolah) di Jombang.

Asal Usul Nama Soekarno

Salah satu sejarah yang berhasil dihimpun TIMES Indonsia, melalui wawancara dengan pemerhati sejarah sekaligus penulis Wiji Mulyo Maradianto (49), terungkap  temuan baru mengenai jejak riwayat Bung Karno di Jombang yaitu sejarah nama asli Koesno menjadi Soekarno.

"Kusno, nama kecil Bung Karno, pernah tinggal di wilayah Kecamatan Ploso, Jombang bersama ayahandanya, Raden Soekeni Sosrodihardjo pada sekitar Desember 1901," tutur Dian Soekarno.

Setelah Raden Soekeni pindah dari Surabaya ke Jombang, Kusno kecil sering sakit-sakitan, termasuk komplikasi tipes dan disentri. 

"Waktu itu Bung Karno kecil sering sakit, kemudian dibawa ke tabib yang bernama Dhenmas Mendhung yang tinggal di sekitar Kedungpring, Kecamatan Kabuh untuk berobat," ujarnya.

Atas pertolongan Denmas Mendhung, Kusno kecil sembuh. Setelah sembuh, Denmas Mendhung meminta Raden Soekeni untuk mengganti nama Kusno menjadi Soekarno. "Menurut kepercayaan orang Jawa dulu biar tidak kabuh dari sakitnya," tutupnya.

Sejak itu hingga kini, sosok sang founding father RI ini dikenal dengan nama Soekarno, atau lebih akrab disapa Bung Karno. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purbalingga just now

Welcome to TIMES Purbalingga

TIMES Purbalingga is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.