Pendidikan

Teguhkan Internasionalisasi Kampus, UINSA Surabaya-UiTM Malaysia Kolaborasi

Kamis, 06 Mei 2021 - 20:41
Teguhkan Internasionalisasi Kampus, UINSA Surabaya-UiTM Malaysia Kolaborasi Rektor UIN SA Surabaya menandatangani MoU dengan UiTM secara daring. (foto-foto: UINSA for TIMES Indonesia)

TIMES PURBALINGGA, SURABAYAUINSA Surabaya (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya) terus meneguhkan diri melakukan internasionalisasi kampus. Salah satunya dengan kolaborasi dan sinergi dengan UiTM Malaysia (Universiti Teknologi Mara Malaysia).

Sinergi kerjasama ini ditandadi dengan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kedua pihak Kamis (6/5/2021). Prosesi MoU dilakukan secara daring dengan tiga instansi lainnya.

UINSA Surabaya 2

Ketiga instansi yang MoU dengan UiTM Malaysia itu adalah UINSA Surabaya, National Central University Taiwan, Persatuan Perahu Layar Pulau Pinang, Geoid Hitech Industries, serta Bio Synergy Laboratories. Prosesi  dibuka dengan sambutan dari Rektor UiTM Malaysia Prof Dr H Khudzir, dilanjutkan dengan sambutan rektor UINSA. 

Tampak menyaksikan secara daring Vice President of National Central University Taiwan, Dr Kwang Hwa Lii; Chairman of Persatuan Perahu Layar Negeri Pulau Pinang Tuan Malik Faisal bin Abdul Rahim; Board of Director/Chief Executive Officer Geoid Hitech Industries, Tuan Syed Ahmad Fauzi bin Syed Fadzil;  dan Senior Lab Manager Bio Synergy Laboratories, Mr Khoo Hwa Chuan. 

Rektor UINSA Surabaya, Prof H. Masdar Hilmy, SAg MA PhD menyambut baik kerjasama dengan UiTM. Terutama di era disrupsi yang dinilai penting menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak. 

UINSA Surabaya 3

"Era disrupsi sekarang ini penting untuk berkolaborasi dan membuat kerjasama dengan kampus luar negeri dalam bidang tri dharma perguruan tinggi,” tegas Prof Masdar.

Apa saja yang dikerjasamakan? 
Rektor UINSA ini menyampaikan bahwa kerjasama yang telah disepakati dalam kesempatan ini terkait dalam beberapa bidang. Di antaranya persahabatan dan korporasi, promosi yang saling menguntungkan, pendidikan, budaya, sains, dan pertukaran mahasiswa, dosen, dan juga staf.   

MoU antara UiTM dan UINSA ditandatangani langsung Rektor UiTM Selangor Malaysia, Profesor Dr Khudzir Hj Ismail dan Prof Dr Shukor Sanim Mohd Fauzi selaku deputi rektor bidang kerjasama. Sedangkan pihak UINSA Surabaya ditandatangani langsung Rektor Prof H Masdar Hilmy SAg MA PhD dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof Dr H Ma’shum MAg.

UINSA Surabaya 4

Tampak mendampingi rektor dalam kesempatan siaran langsung dengan UiTM di Ruang Rapat Rektor Lt. 2 Twin Towers A UINSA itu antara lain Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Prof Dr H Abu Azam Al Hadi, MAg; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dra Wahidah Zein Br Siregar MA PhD; Kabiro AAKK dan AUPK.

Ada juga dekan, wakil dekan, dan perwakilan Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Surabaya. Kerjasama dengan UiTM Malaysia ini atas inisiasi dan networking yang dijalin oleh Fakultas Saintek. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purbalingga just now

Welcome to TIMES Purbalingga

TIMES Purbalingga is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.